Senin, 02 Januari 2012

“Melihat Lebih Dalam Hasil karya Bapak Julia, M.Pd. dalam Karyanya Gaya Petikan Kecapi Tembang (Seputar Biografi Seniman Tembang Sunda)”


                                                       
Judul buku : Gaya Petikan Kecapi Tembang (Seputar Biografi Seniman Tembang Sunda)
Nama Penulis : Julia, M.Pd.
Penerbit : CV. Bintang Warli Artika
Jumlah Halaman : xvii + 316 halaman.


Gaya Petikan Kecapi Tembang (Seputar Biografi Seniman Tembang Sunda) merupakan buku karya dari Bapak Julia, M.Pd. buku ini sendiri mengkaji ihwal gaya pirigan kacapi indung dalam tembang Sunda Cianjuran. Beberapa hal yang dikaji meliputi persoalan sosial seniman tembang Sunda Cianjuran, persoalan musikal dalam pertunjukan tembang Sunda Cianjuran, dan persoalan perkembangan pirigan dalam tembang Sunda Cianjuran. Persoalan tersebut antara lain disebabkna oleh adanya perbedaan pirigan diantara seniman kecapi indung dalam tembang Sunda Cianjuran yakni pirigan kecapi indung gaya Ruk-Ruk Rukmana dan gaya Gan-Gan Garmana. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perbedaan pirigan kecapi indung pada gaya Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana antara lain: faktor permainan kecapi indung, faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor kreativitas.
Sedangkan untuk bentuk dan struktur pirigan kacapi indung kedua seniman dapat disimpulkan sebagai berikut: Kedua seniman sama-sama mempertahankan bentuk pokok tabuhan kacapi indung yang didapat dari gurunya, Secara spesifik perbedaan bentuk dan struktur tabuhan kacapi indung Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana terletak pada : tabuhan pasieupan (yakni dalam dalam pola tabuhan beulit, papageran dan golosor), tabuhan gelenyu (yakni dalam bentuk tabuhan awal dan variasi tabuhan), tabuhan kemprangan (yakni dalam variasi tabuhan), tabuhan kait (dalam tabuhan ropel), tabuhan bubuka (tepatnya dalam variasi tabuhan dan kenongan lagu). 
Pengaruh gaya pirigan kacapi indung Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana terhadap perkembangan pirigan kacapi indung adalah sebagai berikut: gaya permainan Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana banyak diikuti oleh para seniman kacapi indung, gaya permainan kacapi indung Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana banyak ditemukan dalam setiap pertunjukan tembang Sunda Cianjuran, sehingga cukup sulit untuk menemukan gaya pirigan kacapi indung yang berkembang sebelum masa Ruk-Ruk Rukmana dan Gan-Gan Garmana.
Sementara persoalan sosial yang timbul dalam kalangan tembang Sunda Cianjuran, dapat disimpulkan bahwa salah satunya disebabkan oleh kreatifitas yang dilakukan oleh kedua seniman tersebut.
Begitulah sedikit isi yang dapat ditangkap ketika kita membaca buku ini. Dengan  gaya penulisan yang memang cenderung membuka wawasan, kita dapat menemukan berbagai pengetahuan mengenai kacapi indung  yang memang bisa membuat kita membuka mata terhadap eksistensi dari sebuah kesenian daerah yang masih berkembang di tengah gempuran modernisasi. Meski konteks sosial yang terdapat didalamnya  memang tidak begitu terasa besar namun setidaknya kita dapat menemukan beberapa konteks sosial mengenai keterkaitan seni kacapi indung ini dengan kebudayaan suatu daerah khususnya bagi kalangan tatar Sunda sendiri yang memang sepertinya menjadi bahasan utama buku ini.         
Seperti niat awal buku ini yang ditujukan untuk para mahasiswa atau kalangan dunia pendidikan dan selebihnya mungkin untuk para pembaca dan pencinta seni, buku ini terlihat sudah cukup baik meskipun memang gaya penulisan seperti itu akan sedikit terasa membosankan dan akan lebih baik apabila dekemas menjadi labih komunikatif dan menarik. Dari segi isi buku ini memang sudah cukup baik karena melihat kepakaran dari penulis yang memang banyak terlibat di dalam dunia seni dan latarbelakang pendidikan nya yang mengambil jurusan seni musik bahkan sempat menjadi mahasiswa lulusan terbaik di UPI Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari segi pengorganisasian buku yang dirasa cukup terorganisir dengan baik. Selebihnya persiapan dalam pengemasan serta pencetakan buku ini lah yang sepertinya harus lebih diperhatikan lagi agar para pembaca merasa lebih nyaman serta merasa lebih tertarik lagi ketika membaca buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar